Lihat Harga Printer Pilihan Anda

Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak -  Setelah membeli printer tentu tak hanya selesai sampai membeli printer saja, karena tentunya kita harus merawat printer agar tidak cepat rusak dan daya pakainya lama alias awet dipakai. Berikut adalah cara-cara merawat printer agar tidak cepat rusak. Semoga dapat berguna bagi anda yang baru saja membeli printer idaman :


Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power

Karena tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, namun printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Jadi setelah selesai pemakaian, maka alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Jadi dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Ini akan menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Selain itu untuk menghindari hal buruk, maka usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.
 
Pengisian Tinta Secara Berkala

Jika ingin menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Selain menjaga printer agar awet, ini juga dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Namun satu yang perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer.

Menggunakan Printer dengan Teratur

Jika lama tak menggunakan printer, maka printer yang terlalu lama tidak digunakan justru dapat merusak mesin dan mengakibatkan kebuntuannya pada nozzle, itu karena tinta kering dan tidak mengalir. Jadi hal ini disebabkan karena diameter dari nozzle ini sangat kecil. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya menggunakan printer secara teratur dapat menjaga mengalir serta membasahi nozzle yang menjadi tempat keluarnya tinta. Apabila hal seperti keringnya nozzle terjadi maka dapat mengakibatkan kerusakan pada head catridge yang harganya tentu mahal.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu

Jangan pakai kertas yang kotor, karena pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Apabila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas.

Menjaga Kebersihan Printer

Nah, setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Jadi kumpulan debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Ini juga berlaku pada mesin printer, jadi jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Juga harus selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Nah, cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

0 comments:

Posting Komentar

Anda ingin mengiklankan produk di blog ini, silahkan kunjungi segera halaman layanan iklan kami disini